DPS PRO Kelola Data Pemegang Saham Layaknya Seorang Pro

DPS PRO Kelola Data Pemegang Saham Layaknya Seorang Pro

Mulai dari bentuk kepatuhan hukum hingga penentu keputusan, mengelola DPS (Data Pemegang Saham) memiliki banyak manfaatnya. Dengan DPSPro.id, manage DPS bisa Anda lakukan layaknya profesional. 

Dalam ulasan ini, kita akan membahas layanan Dps Pro mulai dari profil hingga berbagai fiturnya, Namun sebelum itu, mari kita bahas tentang DPS atau Data Pemegang Saham (DPS) itu sendiri terlebih dahulu. 

Apa itu Data Pemegang Saham (DPS)?

DPS atau Data Pemegang Saham merupakan sebuah tab dokumen yang bersifat penting dengan berbagai informasi rinci terkait badan maupun perseorangan yang memegang saham sebuah perusahaan. 

Adapun rincian yang biasanya ada dalam daftar pemegang sebuah saham perusahaan akan meliputi:

  • Nama, alamat, dan detail lainnya,
  • Jumlah kepemilikan saham,
  • Nominal transaksi pembelian saham,
  • Pembayaran dividen,
  • Capital Call beredar, dan masih banyak lagi.

Jumlah dan informasi lengkap terperinci tersebut biasanya akan berbeda-beda tergantung dari platform yang akan Anda gunakan dan menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

Jika Anda tidak memahami konsep analisis dan data DPS, maka terdapat 3 kemungkinan yang akan terjadi, yaitu:

  1. Sesuai regulasi yang berlaku di setiap daerah, namun tidak adanya data pemegang saham memungkinkan bertambahnya beban kepatuhan dan peraturan secara signifikan.
  2. Menimbulkan ketertundaan penutupan kesepakatan akibat tidak adanya informasi kepemilikan saham.
  3. Mempersulit proses pelacakan kepemilikan saham, skenario, dan transfer ekuitas ketika nantinya terdapat perubahan manajemen. 

Apa Manfaat Mengelola Data Pemegang Saham (DPS)?

Mungkin Anda masih bingung dengan apa pentingnya Daftar Pemegang Saham. Daftar pemegang saham memiliki berbagai manfaat ketika Anda bisa mengelolanya dengan baik. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

Membantu Pengambilan Keputusan

Data Pemegang Saham bisa berguna untuk menentukan sebuah keputusan berdasarkan data-data terupdate dari daftar yang tersedia. Entah itu keputusan membeli saham potensial, melihat dividen saham, dan masih banyak lagi. 

Terlebih lagi, data yang termuat di pusat Dps Pro misalnya, membuat informasi mengenai pemegang saham jauh lebih transparan. Bahkan, platform ini juga membantu menarik DPS dari KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) di pasar modal secara berkala 

Sebagai Bentuk Komunikasi Pemegang Saham

DSP memberikan ketersediaan sumber daya berharga yang bisa Anda manfaatkan untuk berkomunikasi dengan pemegang saham. Salah satu pengaplikasiannya adalah dengan distribusi laporan tahunan, deviden, maupun pengumuman perusahaan terkait.

Adanya pembaharuan secara berkala terkait daftar pemegang saham akurat akan membantu kita dalam menghubungi pemegang saham dan terus memberi mereka informasi terkait berbagai permasalahan penting di perusahaan.

Hubungan dengan Pemegang Saham

Daftar pemegang saham atau DPS dengan maintenance yang optimal bisa memperkuat hubungan pemegang saham dan perusahaan. Anda dapat berinteraksi dengan pemegang saham secara lebih efektif.

Membantu mengatasi berbagai kekhawatiran yang muncul dan memberikan pemegang saham berbagai informasi terkini termasuk setiap peluang yang relevan dengan menyimpan catatan kepemilikan saham dan informasi kotak yang akurat.

Kepatuhan terhadap Persyaratan dan Peraturan

Setiap tempat memiliki otoritas yang berbeda, namun berbagai badan otoritas dan pengatur bisa meminta akses ke daftar pemegang saham yang nantinya bertujuan terkait peraturan.

Ketika memiliki registrasi yang terorganisir dan terupdate, Anda bisa dengan mudah menanggapi permintaan dan memastikan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.

Kepercayaan Investor

Manajemen daftar pemegang saham comprehensive mampu menciptakan kepercayaan pada calon investor dan pemangku kepentingan. Ini membantu menunjukkan jika perusahaan secara serius menjalankan kewajiban hukum.

Berdasarkan pentingnya penggunaan Data Pemegang Saham tersebut, bisa Anda tarik kesimpulan bahwa DPS memiliki peranan penting untuk sebuah perusahaan. Anda bisa memiliki kemampuan melacak pemilik, jumlah, sekaligus nilai total saham yang terbit. 

Dengan begitu, perusahaan bisa memantau saham, penerbitan saham baru, konversi, pemberian, hingga pembatalan saham. Lebih lanjut, DPS ini juga membantu perusahaan untuk menganalisa dan memberikan gambaran terkait situasi perusahaan dalam bentuk presentasi formal. 

Namun, seringkali perusahaan tidak memiliki banyak waktu luang untuk menganalisa DPS karena ada banyak data di dalamnya.

Analisa Sederhana DPS Hanya Dalam Satu Dashboard dengan DPSPRO.id 

DPSPRO.id merupakan layanan untuk me-manage DPS atau Data Pemegang Saham seperti seorang profesional. Platform ini akan membantu Anda untuk mengetahui siapa saja yang paling untung atau rugi di saham Anda.

Sistem kerja DPSPRO adalah dengan menarik data DPS atau Data Pemegang Saham dari KSEI secara otomatis dalam kurun waktu harian. Kemudian, DPSPRO akan menganalisa dan menampilkan data kedalam sebuah dashboard.

Akses data ke DPSPRO juga cukup aman, karena mendapatkan perlindungan dari technology provider terbaik di kelasnya. Misalnya seperti:

  1. Thawte Digicert yang merupakan #1 SSL Provider untuk fortune 500 companies, termasuk , termasuk KSEI dan IDX juga memanfaatkannya
  2. Cloudflare, Injection SQL & DDoS Protection, #1 Layanan keamanan jaringan dengan PCI Data Security Standard 3.2
  3. Auto bg Okta, #1 Penyedia Manajemen Akses, dan masih banyak lagi.

Fitur Unggulan DPSPRO.id

Dengan tagline “Cukup satu Software untuk seluruh kebutuhan analisa DPS Anda”, Dps Pro memiliki fitur terlengkap dan tercanggih untuk untuk menampilkan data secara akurat dan menyeluruh agar proses analisa DPS jauh lebih efisien.

Semua Data dalam Satu Dashboard

Seluruh hasil analisa dari DPS atau data pemegang saham akan tampil hanya dalam satu dashboard. Terdapat beberapa poin penting dalam hal ini.

  1. Memuat pergerakan jumlah pemegang saham,
  2. Pemegang saham dengan penjualan atau pembelian terbanyak,
  3. Hitung keuntungan atau kerugian setiap pemegang saham,
  4. Rata-rata harga beli atau jual saham, dan masih banyak lagi.

Detail Investor dan Broker

Kita bisa mengenali investor dan broker secara mendetail dari satu tampilan yang akan menggambarkan:

  1. Harga rata-rata jual dan beli saham,
  2. Persebaran Data di broker,
  3. Jumlah saham harian,
  4. Kerugian atau keuntungan saham dalam bentuk realized, Unrealized, hingga totalnya.

Pengelompokan Investor

DPSPRO memudahkan penggunanya dalam mengklasifikasikan berbagai hal seperti mengelompokkan investor berdasarkan keluarga, teman dalam pengawasan, dan sebagainya, termasuk melihat pergerakan saham dalam satu grup.

Report dan Notifikasi

Anda akan mendapatkan laporan dan notifikasi penting terkait data pemegang saham melalui pesan telegram maupun email,

User Managements & Roles

Terdapat dua hak akses atau roll yang tersedia yaitu admin yang dapat melihat keseluruhan data dan menambah user, dan mimbar yang bisa melihat seluruh data.

Kesimpulan

Ada berbagai keuntungan ketika Anda bisa mengelola dan menganalisa DPS atau Data Pemegang Saham. Salah satunya adalah untuk melihat seberapa besar keuntungan maupun kerugian dari sebuah saham. Tentunya hal ini pada akhirnya akan berimbas pada pembuatan keputusan. 

Dps Pro membantu Anda dalam me-manage Data Pemegang Saham. Lihat potensi Keuntungan dan kerugian dengan nalisa otomatis hanya dengan satu dashboard. Tertarik? Klik di sini atau hubungi kontak yang tersedia di website.

by DPSPRO.id
Share this post:
Related Post
WhatsApp Us! whatsapp